Dilema bayi dan Smartphone

Saya termasuk orang tua yang sudah tidak bisa lepas dari Smartphone, saya tiap bangun tidur sampai tidur lagi ketemu dengan smartphone. Pertanyaan nya Kenapa saya terlalu bergantung pada smartphone? Karena semua kegiatan keseharian saya selalu menggunakan smartphone, dari yang bermanfaat sampai yang tidak bermanfaat.

Saya ambil contoh, saya punya group kerjaan sebanyak 7 group WhatsApp, dan email kantor, Ketika mau beli ini itu buka shopee dan tokopedia, beli makan buka grabfood dan go-food, ingin transfer buka M-banking, konsultasi dokter dan beli obat buka halodoc, ketika saya ingin terapi agar tidur bisa lebih nyenyak saja saya buka aplikasi riliv di smartphone, bahkan saya nulis blog ini pakai smartphone.

Itu semua yg saya rasa bermanfaat, belum lagi yang kurang bermanfaat seperti buka instagram, Twitter, portal job seperti jobstreet, LinkedIn dan lainnya. 

Sebuah dilema pada saat kita tidak membudayakan menggunakan smartphone sampai umur yg ditentukan, tapi kita sendiri tidak bisa lepas dengan smartphone ketika kita berada didekatnya, karena saya percaya anak kecil mencontoh orang disekelilingnya dengan sempurna.

Anak saya senang sekali dengan kucing, sebenarnya tidak perlu kucing di smartphone, semua gambar kucing di media apapun pasti dia suka, akan tetapi sekali lagi, smartphone adalah benda dari semua kebutuhan. Paling gampang ya nyari gambar atau video kucing di smartphone.

Saya sendiri juga bingung, bagaimana sebaiknya mendidik anak tanpa smartphone, saya takut juga anak saya seperti anak selebriti yang belakangan harus pakai kacamata di usia yg baca saja belum bisa. Saya juga sedang cari metode yg cocok dimulai dari saya yg membiasakan tidak menggunakan smartphone didekat anak, sampai benar - benar bisa melarang anak sama sekali tidak menggunakan smartphone.

Kalo pembaca ada yang tau metode yg dipakai ketika membesarkan anak tanpa smartphone bisa kita saling diskusi, siapa tau cocok juga metodenya ke saya. dan apabila saya sudah menemukan metode yang cocok saya juga akan share diartikel selanjutnya. Terimakasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bayi Menelan Anting

Hewan yang si bayi suka